Kamis, 30 Agustus 2018

E.strategi pemasaran dan mekanisme transaksi dalam E-commerce

E-commerce sudah tidak asng lagi dalam kegiatan bisnis dewasa . Hal ini di karenakan seiring dengan  kemajuan sistem teknologi dan informasi yang ada menyebabkan setiap orang dapat menjelajahi dunia dengan mudah dan cepat dengan bantuan internet . Hal ini di karenakan penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung seperti pada perdagangan konvensional . Dengan adanya strategi yang baik , serta di dukumg dengan mekanisme yang tepat , maka kegiatan bisnis melalui e-commerce akan berjalan dengan baik . tahukah anda apa saja strategi pemasaran dalam e-commerce?bagaimana pula mekanisme transaksinya ? berikut adalah strategi pemasaran dalam e-commerce dan juga mekanisme transaksinya


1. Strategi pemasaran dalam e-commerce
     
              Dalam menjalankan sebuah bisnis meskipun melalui e-commerce tetap membutuhkan strategidalam pemasaranya . strategi pemasaran dalam e-commerce tidak ubahnya terjadi dalam pemasaran konvensional .
Berikut adalah faktor dan strategi pemasaran .

a. Faktor  yang memengaruhi pemasaran dalam e-commerce .
    Terdapat empat faktor utama yang menyebabkan terjadi nya perubahan strategi dalam pemasaran
    dalam e-commerce.adapun empat faktor yang memengaruhi  strategi pemasaran dalam
     e-commerce ,sebagai berikut .
     1.] Daur hidup produk
          Strategi harus di sesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup , yaitu tahap perkenalkan ,
          tahap pertumbuhan ,tahap kedewasaan,dan tahap kemunduran.
      2.] Posisi persaingan perusahaan di paar yang memanfaatkan e-commerce
           Strategi pemasaran harus di sesuaikan dengan posisi perusahaan dalam hal persaingan usaha,
           apakah ingin menjadi pemimpin , menantang ,mengikuti,atau hanya mengambil sebagaian
           kecil dari pasar.
      3.] Situasi ekonomi
           Strategi pemasaran harus di seduaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan ke depan ,
           apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflas tinggi
      4.] Penggunaan media online
           Dalam pemasaran melalui e-commerce perlu mempertimbangkan keandalan berbagai media
           online dan cakupan areanya yang perlu di pertimbangkan, demi meningkatkan  daya asing
           dalam berbagi media yang memanfaatkan jejari online.

  b. Strategi pemasaran
      berikut adalah beberapa strategi yang dapat di gumakan dalam melakukan pemasaran
      e-commerce.
     1.] Strategi pemasaran berdasarkan kebutuhan
          Adapun strategi pemasaran berdasarkan kebutuhan dapat di bedakan menjadi empat jenis .
          di mana keempat strategi pemasarn berdasarkan kebutuhan tersebut , sebagai berikut.
         a. Mendorong kebutuhan primer dengan menambah jumlah pemakai.
         b. Mendorong kebutuhan primer dengan memperbesar tingkat  pembelian.
         c. Mendorong kebutuhan selektif dengan memprtahankan pelanggan yang ada.
         d. Mendorong kebutuhan selektif dengan menjaring pelanggan baru.
     2.] Strategi pemasaran berdasarkan media yang di gunakan
         Strategi  pemasaran juga dapat di bedakan berdasarkan media yang di gunakan untuk
         melakukan pemasaran . Adapun strategi pemasaran berdasarkan media yang di gunakan ,
\        sebagai berikut.
      a.] Search engine

Tidak ada komentar:

Posting Komentar